Tamu Kuwehbunda

Resep Camilan Bagus Klepon Original With Daun Suji

Resep Camilan Bagus Klepon Original With Daun Suji

Resep Camilan Bagus Klepon Original With Daun Suji

Resepkuekomplit.com | Kue Klepon Orginal - Klepon atau kelepon (bhs: Jawa) merupakan salah satu jenis masakan tradisional atau kudapan anggun tradisional dari sekian banyak jenis aneka kudapan anggun dari Indonesia yang termasuk ke dalam jenis kategori jajan pasar.

Kue Klepon ini dibuat dari materi dasar tepung beras ketan yang dibuat ibarat mirip bola-bola kecil yang kemudian diisi dengan gula merah didalamnya, kemudian bulatan ini direbus kedalam air mendidih sampai kenyal menggumpal. Warna dari klepon biar lebih menarik dibuat warna-warni, biasanya ada yang putih atau hijau tergantung selera. Untuk menciptakan klepon warna hijau, perlu ditambahkan materi pewarna alami yang sanggup diambil dari daun suji atau daun pandan.

Kue Kelepon yang sudah masak kemudian dibaluri dengan parutan kelapa biar tercipta rasa yang gurih.. Jika kita membeli di pasar tradisional, untuk mempertahankan nuansa orisinil kudapan anggun klepon maka disajikan dengan kemasan daun pisang.
 merupakan salah satu jenis masakan tradisional atau kudapan anggun tradisional dari sekian banyak je Resep Kue Klepon Original With Daun Suji

>> 8 LANGKAH CARA MEMBUAT SERABI KUAH SANTAN SUPER LEZAT

Jajanan pasar kudapan anggun Klepon ini biasanya dijajakan bersamaan dengan getuk singkong dan cenil sebagai masakan kudapan di pagi atau sore hari.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba menciptakan kudapan anggun klepon sederhana dirumah. Berikut ini kami berikan resep kudapan anggun klepon original super gampang yang sanggup pribadi dipraktekkan. Simak dan ikuti resep dan cara membuatnya dibawah ini:

Bahan-bahan

  1. 300 gr tepung ketan
  2. 4 sdm air mendidih
  3. 150 ml santan hangat
  4. 50 ml air daun suji
  5. ½ sdm air kapur
  6. 200 gr gula merah, sisir halus
  7. 1 butir kelapa agak muda, kupas, parut memanjang
  8. Garam secukupnya

Step by Step Cara menciptakan Kue Klepon Original:
STEP 1 : Siram tepung dengan air mendidih, aduk rata. Tambahkan garam, air daun suji, air kapur sambil dituangi santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai gabungan sanggup dibentuk. 
STEP 2 : Ambil gabungan sebesar kelereng, pipihkan kemudian isi dengan gula merah yang telah disisir. Bentuk bulatan, lakukan sampai gabungan habis. 
STEP 3 : Rebus bulatan klepon ke dalan air mendidih sampai mengapung. Angkat dan tiriskan. 
STEP 4 : Campur kelapa dan sedikit garam. Kukus dengan diberi daun pandan selama 5 menit. Angkat. 
STEP 5 : Gulingkan rebusan klepon pada kelapa parut kukus, sajikan klepon dalam mangkok daun kecil.

Dari resep kudapan anggun klepon diatas sanggup menghasilkan sekitar 6 bungkus kue.  

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser