Tamu Kuwehbunda

Bawang Bombay & Manfaatnya

Bawang Bombay & Manfaatnya

Bawang Bombay & Manfaatnya

Bawang Bombay mempunyai nama latin Allium Cepa Linnaeus merupakan salah satu jenis bawang yang terkenal dan sering dipakai masyarakat sebagai bumbu atau materi masakan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) , bawang bombay ditengarai sanggup meningkatkan nafsu makan dan mencegah penyempitan pembuluh darah.
 merupakan salah satu jenis bawang yang terkenal dan sering dipakai masyarakat sebagai bu BAWANG BOMBAY & MANFAATNYA

Ekstrak dari bawang bombay juga diyakini sanggup dimanfaatkan untuk membantu  pengobatan batuk, pilek, asma serta bronkitis. Kandungan flavonoid pada bawang jenis ini ternyata juga bisa mencegah pertumbuhan kanker.

Asal Usul Bawang Bombai
Ditengarai bawang bombai berasal dari Asia Tengah, kemungkinan Palestina, kemudian menyebar ke Eropa dan India, dan masuk dibawa oleh para pedagang dari sana. Kemungkinan besar bawang bombai masuk ke Indonesia seiring masuknya para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda.

Manfaat Bawang Bombai
Kandungan nutrisi dalam bawang sanggup dilihat dan dibandingkan dengan bawang merah biasa dan bawang putih pada tabel.
 merupakan salah satu jenis bawang yang terkenal dan sering dipakai masyarakat sebagai bu BAWANG BOMBAY & MANFAATNYA

Pemanfaatan bawang bombai paling banyak ialah untuk materi dan bumbu masakan. Sedangkan untuk Khasiat dan manfaat bawang bombai untuk kesehatan badan insan juga sangat banyak, yaitu sebagai antioksidan alami, bisa menekan efek sinogenik dari senyawa radikal bebas. Fungi pada umumnya ialah memperkecil risiko penyakit degeneratif ibarat kanker kolon. Bawang bombai juga sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan aneka macam penyakit pencernaan, flu, kembung, mual, maag, disentri, dan bawang bombai juga bisa membunuh cacing dalam perut.

Adapun sifat senyawa bawang bombai ini ialah bersifat hipolipidemik, maksudnya adalah  sanggup menurunkan kadar kolesterol darah. Mengkonsumsi satu siung bawang bombai sanggup meningkatkan kadar kolesterol 'baik' sebesar 30%. Manfaat lainnya yaitu, sanggup menyembuhkan penyakit radang hati, radang sendi, radang tonsil, radang pada tenggorokan, serta radang telinga.

Aneka Olahan Dari Bawang Bombay

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bawang bombai ini juga bisa dibentuk menjadi olahan cemilan yang lezat. Salah satu olahan cemilan bawang bombai yang paling banyak dibentuk ialah Onion Ring. Untuk resepnya bisa dibaca di sini: Resep Bawang Bombay Krispi Super Garing.


Harga Bawang Bombay 

Bawang bombay mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, hampir setara dengan nilai jual bawang merah dan bawang putih. Mengenai harganya, bawang bombay per 1 kg di pasaran bisa dijual dengan harga Rp. 20.000 hingga dengan Rp. 24.000. Namun jikalau akan memasuki hari raya, harga bawang bombay per 1 kilogramnya bisa mencapai Rp. 30.000 bahkan lebih. Kenaikan ini dikarenakan penjual bawang ingin mendapat untuk yang lebih dengan memanfaatkan moment hari raya.

Selain di jual per kilo, bawang bombay terkadang di jual per buah dengan harga yang cukup murah. Harga bawang bombay per buah di bandrol dengan harga mulai dari Rp. 1.000 hingga RP. 1.500. Sedangkan untuk harga bawang bombay di Supermarket bisa di bilang cukup mahal, karena bawang bombay yang dijual di supermarket mempunyai ukuran yang lebih besar serta lebih berkualitas.

Seperti harga bawang bombay di Giant yang dibandrol sebesar Rp. 2.200 per 100 gram. Bila anda ingin membelinya sekilo, maka harga bawang bombay sekilo di Giant sebesar Rp. 22.000. Namun harga ini merupakan harga promo dari giant. Di luar promo kemungkinan harga bawang bombay bisa lebih mahal. Untuk bisa mendapat bawang merah segar dengan harga yang murah, anda bisa membelinya eksklusif dari petani bawang bombay.

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser