Tamu Kuwehbunda

Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Putu Pesse, Masakan Ringan Elok Tradisional Khas Bugis Super Enak

Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Putu Pesse, Masakan Ringan Elok Tradisional Khas Bugis Super Enak

Cara Menciptakan Masakan Ringan Elok Putu Pesse, Masakan Ringan Elok Tradisional Khas Bugis Super Enak

Kue Putu Pesse ini yakni makanan ringan bagus tradisional khas Nusantara dari suku Bugis, salah satu suku yang ada di Sulawesi Selatan. Rasanya enak, lembut dan manis. Mengapa disebut Putu Pesse? Konon alasannya yakni ketika proses membuatnya gabungan makanan ringan bagus putu ini dimasukkan dicetakan sambil dipesse atau dalam bahasa Indonesianya ditekan-tekan agar padat.
 ini yakni makanan ringan bagus tradisional khas Nusantara dari suku Bugis Cara Membuat Kue Putu Pesse, Kue Tradisional Khas Bugis Super Enak

Putu Pesse yakni panganan yang dibentuk dari materi dasar beras ketan yang sudah dikukus kemudian dijemur hingga kering, serta terdapat materi embel-embel menyerupai kelapa muda, gula susu abu dan lain-lain untuk menunjukkan rasa yang gurih dan enak. Sedangkan untuk cara membuatnya bantu-membantu prosesnya tidak terlalu susah, hanya saja kita perlu waktu untuk menyangrai ketan hingga warna menjelma kecokelatan sebelum dibentuk menjadi putu pesse yang enak.

Jika anda ingin membuat makanan ringan bagus Putu Pesse sendiri dirumah, langkah pertama yang harus anda lakukan yakni menyiapkan bahan-bahan untuk menciptakan makanan ringan bagus putu passe, menyerupai contohnya yang harus disiapkan yakni beras ketan (boleh ketan hitam atau ketan putih biasa), parutan kelapa muda, gula pasir, susu bubuk, garam dan sedikit minyak goreng. Sedangkan untuk alat cetakan makanan ringan bagus putu passe, anda sanggup menggunakan cetakan apa saja sesuai dengan bentuk dan abjad yang anda suka. Nah, untuk cara menciptakan Putu Pesse khas Bugis lebih simpelnya lagi, anda sanggup lihat resepnya dibawah ini.


Resep dan Cara Membuat Kue Putu Pesse ala Bugis

Bahan-bahan

  • 500 gr ketan kering (ketan yang sudah dikukus dan dijemur hingga kering) boleh campur ketan hitam/putih.
  • 300 gr kelapa muda, buka kulit arinya kemudian parut halus
  • 150 gr Gula Pasir
  • 60 gr Susu bubuk
  • secubit garam halus
  • 1 Sdm minyak goreng


Cara Membuat Putu Pesse yang Enak dan Manis:

Langkah Ke - 1 : Ketan yang sudah dikukus kemudian dijemur hingga kering. Tambahkan 1 sdm minyak goreng kemudian dilanjutkan dengan disangrai menggunakan api kecil hingga warna menjadi coklat, dinginkan kemudian blender dry mil, ayak dan sisihkan.

Langkah Ke - 2 : Campur ketan halus yang sudah diayak dengan parutan kelapa muda, gula pasir, garam, dan susu bubuk, campur hingga rata. Cipratkan sedikit air (asal lembab saja) aduk hingga rata.

Langkah Ke - 3 : Ambil cetakan (sesuaikan selera untuk bentuk cetakanya) masukkan gabungan putu kedalam cetakan kemudian di pesse (tekan-tekan) hingga makanan ringan bagus menjadi padat.

Langkah Ke - 4 : Keluarkan makanan ringan bagus putu pesse tadi dari cetakan dengan hati-hati agar tidak hancur. Kue Putu Pesse pun siap untuk di nikmati dengan segelas teh hangat.

Dalam prakteknya, proses menciptakan Putu Pesse ini perlu waktu yang tidak mengecewakan panjang. Butuh waktu sekitar satu jam untuk menciptakan makanan ringan bagus tradisional ini. Meskipun begitu, kerja keras anda ketika bikin makanan ringan bagus ini akan terbayar lunas dengan cita rasa dan kelezatan dari manisnya Putu Pesse ini. Selamat mencoba..!

Foto dan Gambar Kue Putu Pesse, Kue Tradisional Khas Bugis

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser