Tamu Kuwehbunda

Resep Cara Menciptakan Camilan Cantik Choux Pastry Lezat Sederhana

Resep Cara Menciptakan Camilan Cantik Choux Pastry Lezat Sederhana

Resep Cara Menciptakan Camilan Cantik Choux Pastry Lezat Sederhana

Resep dan Cara Membuat Choux Pastry - Pastri choux atau biasa kita kenal sebagai camilan anggun sus berasal dari Perancis dan menjadi camilan anggun tradisional khas di negara tersebut. Adonan Kue Choux Pastry dibentuk dengan menggunakan bahan-bahan ibarat mentega, air, tepung terigu dan juga telur. Adapun gula dan garam juga biasanya ditambahkan ke dalam adonan adonan tersebut. 

Choux Pastry merupakan nama adonan yang diadopsi dari bahasa Perancis yaitu Pâte à choux secara makna berati "pasta kubis" lantaran bentuk camilan anggun aslinya hampir ibarat kubis. Namun dalam bahasa populernya adonan ini sering disebut sebagai Choux paste,  alasannya yaitu tekstur dari adonan kue  Pastri choux tidak padat ibarat adonan pada camilan anggun lainnya tetapi cenderung mempunyai tekstur meyerupai pasta. 

 Pastri choux atau biasa kita kenal sebagai camilan anggun sus berasal dari Perancis dan menjadi camilan anggun  Resep Cara Membuat Kue Choux Pastry Enak Sederhana

Adonan camilan anggun ini sanggup dicetak menjadi banyak sekali macam bentuk yang sanggup diadaptasi sesuai keinginan, serta merupakan adonan dasar untuk menciptakan camilan anggun sus. Kemudian ketika adonan camilan anggun Choux Pastry dipanggang, telur menciptakan adonan menjadi kopong sehingga sanggup diisi dengan krim banyak sekali rasa. Untuk resep dan panduan cara menciptakan Choux Pastry yang yummy dan gampang Anda sanggup mencoba resep dibawah ini.

Resep Ini sanggup untuk sekitar 20 25 buah coux pastry 

Bahan Choux Pastry :
  • 110 gram tepung terigu serba guna
  • 4 butir telur
  • 58 gram mentega atau margarine
  • 125 ml susu cair (resep orisinil tidak menggunakan susu)
  • 125 ml air (resep orisinil 250 ml)
  • 1/4 sendok teh garam


Cara Membuat Choux Pastry (Kue Sus), Kue Khas Perancis:

1. Langkah pertama, siapkan panci ukuran sedang, kemudaian masukkan air, susu cair, mantega dan juga garam. Panaskan panci kedalam api hingga mentega meleleh dan airnya mendidih. Matikan api. Selanjutnya masukkan tepung terigu dan aduk adonan dengan berpengaruh biar tidak menggumpal dan melekat ke panci dengan menggunakan pengaduk kayu. Masak lagi sebentar selama 1 - 2 menit untuk mengurangi kelebihan air, sembari adonan terus diaduk-aduk dengan cepat.

2. Proses selanjutnya, pindahkan adonan tadi kedalam wadah mangkuk yang agak besar, aduk-aduk adonan secara teratur guna menghilangkan uap air dan menciptakan adonan berkurang panasnya, biar lebih gampang gunakan mikser. Setelah adonan agak sedikit dingin, tambahkan telur satuper satu ke dalam adonan (sebaiknya jangan memasukkan telur dikala adonan masih panas, ini bertujuan biar telur tidak menggumpal matang).

3. Aduk rata telur dengan adonan sebelum anda menambahkan telur berikutnya. Aduk terus menerus hingga adonan Choux Pastry menjadi halus dan mengkilap. Sekedar saran, mengaduknya menggunakan mikser biar risikonya nanti lebih halus dan lebih mengembang ketika dipanggang. Jika sudah, segera bentuk adonan menjadi bundar dan panggang selagi masih hangat

4. Selanjutnya, panaskan panggangan set disuhu antara 200'C. Siapkan loyang, namun terlebih dahulu alasi loyang dengan kertas untuk memanggang kue.

5. Cara mencetaknya anda sanggup melaksanakan dengan memasukkan adonan ke dalam plastik segitiga, kemudian semprotkan adonan  diatas loyang berpola yang sudah di alasi baking sheet/kertas untuk memanggang kue. Beri jarak antara camilan anggun satu dengan yang lain, hal ini biar agar tidak melekat satu sama lain dikala mengembang. Atau, anda juga sanggup menggunakan sendok kayu untuk mencetaknya, jatuhkan segumpal demi segumpal adonan ke atas loyang yang sudah disediakan.

6. Panggang adonan choux pastry yang sudah dicetak tadi selama 35 menit, putar-putar loyang selama anda memanggang biar kulit matang merata. Nah, Jika kulit sus sudah kelihatan berwarna coklat keemasan, segera keluarkan dari dalam panggangan dan dinginkan di rak kawat. 

Source: Buku Best-Loved Desserts oleh Good Housekeeping - Choux Pastry & Wikipedia - Choux Pastry

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser