Tamu Kuwehbunda

Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes

Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes

Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes

Resep dan Cara Membuat Onde-Onde - Onde-onde yaitu homogen camilan anggun tradisional atau panganan jajanan pasar yang sangat terkenal di Indonesia. Dari data wikipedia, Onde-Onde ini sangat terkenal di kawasan Mojokerto, sehingga kota yang ada diwilayah Jawa Timur ini menerima julukan kota onde-onde, tercatat semenjak zaman Majapahit onde onde ini sudah menjadi sajian masakan khas kerajaan. 
onde yaitu homogen camilan anggun tradisional atau panganan jajanan pasar yang sangat terkenal di Ind Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti KempesOnde-onde pada umumnya terbuat dari materi dasar tepung terigu ataupun tepung ketan yang dimasak degan cara digoreng atau direbus, dibagian permukaannya diberi taburan biji wijen. Ada bermacam-macam jenis variasi camilan anggun onde-onde, yang paling terkenal yaitu onde-onde yang dibentuk dari materi tepung ketan dan di dalamnya diisi dengan kacang hijau. Sedangkan untuk variasi lain, ondeonde hanya dibentuk dari materi tepung terigu yang diberi warna pada bab permukaannya ibarat putih, merah, atau hijau.  Variasi jenis ini sering dikenal sebagai onde-onde gandum, yaitu onde-onde khas dari kota Mojokerto.
onde yaitu homogen camilan anggun tradisional atau panganan jajanan pasar yang sangat terkenal di Ind Resep Onde-Onde Kentang Empuk Anti Kempes

Nah, dibagian ini Resep Kue Komplit akan membagikan tips dan cara simpel menciptakan onde-onde goreng anti kempes. Cara membuatnya ternyata simpel dan ketika digoreng onde-onde pun tidak simpel meletus, Rahasianya yaitu ada pada kentang. Ini resepnya.

Bahan-bahan Untuk menciptakan Onde-onde:
  • 250 gr tepung ketan
  • 130 gr kentang kukus, haluskan ketika hangat
  • 180 ml air hangat
  • 2 sdm tepung beras
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam


Bahan isi Onde-onde:
  • 100 gr kacang hijau kupas/secukupnya (rendam selama 1 jam)
  • 100 ml santan cair
  • 50 gr gula pasir/secukupnya
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • sejumput garam


Bahan celup:
  • biji wijen
  • air secukupnya


Cara Membuat Onde-onde Sederhana Agar Tidak Kempes:

1. Untuk menciptakan kulit onde-onde, campurkan bahan-bahan ibarat tepung ketan, kentang, gula dan garam. Tuangi adonan materi dengan air hangat bertahap sambil diuleni sampai kalis.

2. Timbang adonan dan bentuk menjadi bulatan, masing-masing kurang lebih 20 gr, atau dikira-kira saja.

3. Cara menciptakan materi isi onde-onde, Kukus kacang hijau rendam. Saat hangat-hangat kuku, blender halus dengan ditambahkan santan. Tuangkan kacang hijau blender ke dalam panci dan lalu dimasak, masukkan gula, garam dan vanili. Masak sampai matang dan padat.

4. Pipihkan kulit dan isi dengan kacang hijau. Bulatkan sampai tidak ada lubang. Celup ke air dan gulung ke wijen. 

5. Panaskan minyak goreng dengan api agak kecil. Jika minyak sudah agak hangat, masukkan onde-onde.

6. Goreng sampai matang kecokelatan, sesekali saja diaduknya.

7. Setelah matang, tiriskan dan siap dinikmati selagi hangat.

Dengan dosis resep dan perpaduan materi yang pas dijamin Onde-Onde Kentang Wijen Kacang Hijau yang anda buat tidak akan kempes dan meletus ketika digoreng. Selamat mencoba. Happy Banking!

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser