Tamu Kuwehbunda

Resep Cara Menciptakan Bakpia Dari Ubi Ungu Yang Yummy Dan Mudah

Resep Cara Menciptakan Bakpia Dari Ubi Ungu Yang Yummy Dan Mudah

Resep Cara Menciptakan Bakpia Dari Ubi Ungu Yang Yummy Dan Mudah

Resep dan Cara Membuat Pia Ubi Ungu. Kue Pia atau Bakpia sesungguhnya terdiri dari 2 jenis, yaitu bakpia berair dan bakpia kering. Bahan-bahan yang dipakai untuk menciptakan kedua jenis bakpia ini sesungguhnya sama saja. Perbedaan yang paling menonjol ialah proses cara pembuatannya. Bakpia berair dibuat dengan cara melipat adonan hanya 1x saja kemudian adonan direndam ke dalam minyak. Sedangkan untuk yang bakpia kering dibuat dengan cara melipat adonan selama beberapa kali. 
 Kue Pia atau Bakpia sesungguhnya terdiri dari  Resep Cara Membuat Bakpia dari Ubi Ungu yang Enak dan Mudah

Proses melipat adonan pia selama beberapa kali ini lah yang menciptakan bakpia kering terlihat berlapis-lapis dan terasa renyah. Membuatnya menyerupai dengan bila kita menciptakan kulis pastry. Untuk isiannya kini sudah terdapat banyak sekali macam variasi, tidak hanya terpaku pada isian kacang hijau. Isian yang sanggup dipakai antara lain ialah coklat, keju, aneka kacang-kacangan, ubi dan juga selai. Ada juga bakpia berair yang teksturnya empuk menyerupai dengan roti. Proses pembuatannya memakai ragi menyerupai proses pembuatan roti. Adonannya dibuat kecil-kecil dengan isian menyerupai dengan bakpia. Untuk lebih jelasnya lagi yuk simak resep dan cara menciptakan kuliner ringan anggun Pia Ubi Ungu khas Pathuk dibawah ini.
Bahan kulit luar Pia:
  • 75 gr tep terigu prot tinggi
  • 50 gr tep terigu prot sedang
  • 50 gr tep terigu prot rendah
  • 1 sdm gula pasir berbutir halus
  • 1/4 sdt garam
  • 50 ml air
  • 50 gr margarine
Bahan kulit dalam pia:
  • 110 gr tep terigu prot sedang
  • 70 gr margarine
  • 50 gr tepung terigu prot rendah
  • 5 tts pewarna ungu larutkan dengan 1 sdm air.
Bahan Isi pia:
  • 150 gr ubi ungu, kukus, haluskan
  • 150 gr santan sedang
  • 60 gr gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm margarine
Cara Membuat Pia Ubi Ungu:
  1. Buat isian : blender ubi ungu dan santan, kemudian masak hingga mendidih tambahkan materi lainnya aduk dan masak terus hingga mengental dan kalis, dinginkan, bentuk lingkaran @ 25 gr.
  2. Buat kulit luar : campur tepung terigu, gula dan garam tambahkan air, uleni hingga kalis tambahkan margarine, uleni hingga licin, diamkan 15 menit, bentuk lingkaran @ 50 gr.
  3. Buat kulit dalam : campur tepung terigu, margarine dan larutan pewarna ungu, aduk hingga bergumpal, bentuk lingkaran @ 50 gr.
  4. Pipihkan adonan kulit luar, beri adonan kulit dalam, bentuk bulat. Giling adonan memanjang, gulung. Lakukan 2 x... potong adonan jadi 2 bagian, pipihkan, beri isian, bentuk lingkaran dengan motif ada di penggalan luar.
  5. Letakkan diloyang yg beroles margarine, panggangan dengan suhu 180 dercel 35-40 menit, api atas bawah, hingga matang... 
Apa Itu Bakpia? Bakpia ialah jenis kuliner yang terbuat dari materi adonan kacang hijau dengan gula yang dibungkus dengan tepung kemudian diolah dengan cara dipanggang. Istilah bakpia sendiri berasal dari dialek Hokkian (Hanzi :  肉餅), yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan kata "pia" yang berarti kuliner ringan anggun sehingga secara harfiah berarti kuliner ringan anggun berisikan daging. Di Indonesia kemudian dikenal dengan nama pia atau kuliner ringan anggun pia. 

Bakpia termasuk salah satu kategori masakan yang sangat terkenal dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup terkenal salah satunya berasal dari kawasan Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Mengingat warga Jogja cukup banyak beragama Islam, pada perkembangannya, isian bakpia yang semula berisi daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam. Di desa Pathok, dulunya warga tidak mengenal istilah "merek", sehingga bakpia yang dijual hingga dikala ini berlabel "nomor rumah produsen", contohnya nomor 75. Kemudian barulah muncul beberapa merek bakpia yang bukan dari nomor rumah, menyerupai Djava dan lain-lain. Pada perkembangannya, bakpia semakin terkenal dan tidak hanya menjadi "milik" kawasan Yogyakarta saja. Sekarang ini kita dengan gampang menjumpai bakpia telah menjadi buah tangan khas dari beberapa daerah, contohnya Bali dengan Pia Legong atau Malang dengan Bakpia Telo. 

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser