Tamu Kuwehbunda

Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh

Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh

Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh

Pulut Boh Drien. Pulut durian kini memang sedang menjadi kuliner yang lagi Hits, olahan dari buah durian ini populer mempunyai rasa yang super nikmat dan bikin nagih. Di Aceh juga punya resep pulut durian yang khas, namanya Pulut Boh Drien. 

Seminggu sebelum aku pulang ke aceh, oleh tante aku disuguhi pulut bohdrien, begitupun mertua aku juga menciptakan panganan ini ketika aku di banda aceh, karenanya ketagihan lagi mau buat pulut yang yummy ibarat ini dirumah. Berbekal resep yang diajarkan mertua, karenanya sesampai dirumah aku eksklusif sibuk cari buah durian dan eksklusif bikin Pulut Durian Khas Aceh. Alhasil, panganan pun sukses ibarat yang diinginkan. Rasanya sedap dan mantap. Mau coba?

 Pulut durian kini memang sedang menjadi kuliner yang lagi Hits Resep Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh
#kulineraceh #kulinertopui #kulinerbersama #kulinerindonesia #kuliner #hidupuntukmakan #hungrygoaceh #huntingkuliner #idemakansiang #nyantapnyantap #nomnomnom #nomnomaceh #acehfood #aceheating #makanmana #foodlover #foodie #food #foodnote #likeforlikes #foodnoteaceh #pulutdurian #durianstickyrice #kinleybistro

Resep dan Cara Membuat Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh

Bahan-bahan

  • 4 buah durian ukuran sedang pas matang dan rasanya
  • 8 sendok makan gula putih
  • 3 gelas santan dari satu buah kelapa tua
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 mangkuk kecil beras pulut, beras pulut ialah beras ketan putih.

Cara Membuat Pulut Boh Drien, Pulut Durian Khas Aceh :

STEP 1 : Siapkan buah durian, pilih yang sudah matang betul, baunya wangi, dan rasanya elok legit. Disini aku menggunakan durian ukuran sedang.

STEP 2 : Siapkan santan yang kental. Biar lebih kental, aku beli kelapa yang sudah bau tanah lalu di parut, hasil parutannya aku blender lagi dengan 3 gelas air yang sudah matang, lalu aku peras dan saring sebanyak 2 kali, supaya benar2 tidak ada ampas maupun sisa santan yang coklat-coklat itu. Tambahkan garam, aduk merata.

STEP 3 : Masukkan daging buah durian satu persatu, diperas kedalam santan hingga menyatu dengan santan. Angkat biji dan ampas duriannya, supaya santan tetap benar2 kental tanpa ampas. Harus bener2 sabar ya ketika merasnya supaya santan benar2 menyatu dengan durian, apalagi kalau santan kental ibarat ini dan banyak duriannya. Setelah semua tercampur rata, masukkan gula perlahan-lahan sembari diaduk2 semoga larut.

STEP 4 : Masak beras pulut atau beras ketan putih dengan cara merebusnya menggunakan air secukupnya. Setelah setengah matang lalu kukus hingga benar2 beras menjadi pulen dan matang, lalu dinginkan.

STEP 5 : Sajikan santan durian dan nasi pulut yang sudah matang bersama dengan sisa daging durian yang tidak dicampur dengan santan. Karena menggunakan air matang, kuah santan durian tidak perlu dimasak lagi. Kecuali ada sisanya, perlu untuk dipanaskan sebentar di kompor hingga setengah mendidih dan didinginkan sebelum dimasukkan ke kulkas, supaya lebih tahan usang di kulkas.

Kuah pulut durian juga yummy dinikmati dengan roti bantal/gandum sebagai selai ataupun kuah. Selamat mencoba yaa..

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser