Tamu Kuwehbunda

Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Elok Apem Selong Khas Makanan Tradisional

Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Elok Apem Selong Khas Makanan Tradisional

Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Elok Apem Selong Khas Makanan Tradisional

Kue apem selong dengan tekstur berserat ini ialah jenis jajanan camilan elok berair tradisional khas Surabaya, Jawa Timur, biasanya makanan ini dihidangan pada dikala acara-acara khusus untuk menjamu tamu. Selain disebut sebagai Kue apem selong, camilan elok Istimewa enak ini juga biasa disebut sebagai camilan elok renda atau camilan elok ceylon, adapun jenis resepnya ada bernaeka ragam dengan beraneka kreasi, ibarat apem panggang, apem kukus dan camilan elok apem selong yang tidak kalah terkenalnya dibanding camilan elok apem lainnya sebab rasanya yang enak dan gurih. Kue apem selong ini jikalau dilihat dari segi tektur bentuknya hampir ibarat dengan camilan elok serabi khas solo. 
 dengan tekstur berserat ini ialah jenis jajanan camilan elok berair tradisional khas Surabaya Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong Khas Makanan Tradisional

Seperti jenis camilan elok apem pada umumnya, apem selong hidangan sedap juga berbentuk bundar, namun ada ciri khas dari selong apem ini jikalau dibandingkan dengan lainnya yaitu pada pecahan tepi dari camilan elok ini ada ibarat kulit kering yang mengelilingi apem selong sehingga juga terlihat sangat menarik dan juga unik. Aneka kreasi olahan macam-macam apem selong, yaitu apem selong ncc, apem selong pakai tape, dan apem selong berserat, apem selong rainbow pelangi, apem nasi, apem selong signora, dan apem selong bogasari. Kue apem selong sederhana dapat juga dibentuk tanpa telur dan tanpa air kelapa. Baca juga: Resep dan Cara Membuat Kue Apem Karamel

Kue apem selong dibentuk dari kombinasi materi tepung beras dengan santan dan ada juga apem selong tape dengan diberi hiasan potongan nangka atau potongan pandan diatasnya. Adapun untuk proses pembuatannya ialah sebagai berikut kumpulan aneka resepi apam selong hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan masakan aneka jajajan pasar camilan elok berair tradisional Indonesia. Resep lebih lengkapnya dapat dilihat di bawah.

Bahan-bahan Yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Apem Selong

Bahan biang :
  • 2 sdm terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm fermipan
  • 100 cc air hangat
  • Bahan gabungan :
  • 500 gr tepung beras
  • 50 gr tepung tapioka
  • 1000 ml santan kental hangat atau 4 gelas santan
  • 300 gr gula pasir
  • 2 btr telur kocok lepas
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili

Cara Membuat Apem Selong Yang Enak dan Sederhana Step by Step :
STEP 1 : Campur jadi 1 materi biang, biarkan 5 menit.

STEP 2 : Dalam wadah, campur jadi 1 : tepung beras, tepung kanji, gula, garam, materi biang, vanili, telur dan 2 gelas santan. Aduk pakai tangan hingga tdk ada yg bergerindil dan licin. Kemudian masukkan sisa santan (2 gelas lg) aduk rata. Adonan cair yaa 😀 biarkan 1 jam hingga mengembang.

STEP 3 : Siapkan cetakan, panaskan hingga bener2 panas. Lalu olesi cetakan dgn margarin. Tuang 1 sdk sayur gabungan kemudian tekan tengahnya semoga berenda/berkulit, tutup cetakan jangan dibuka-tutup ya ! Proses ini tdk membutuhkan wkt usang sekitar 5-6 menit saja.

STEP 4 : Lakukan hingga habis. Punya saya jd 30 biji.

STEP 5 : Ini seratnya menarik hati sekali. Hehe pdhl ini jajan buat pesenan org tp saya comotin trs soalnya enak bingit.

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser