Tamu Kuwehbunda

Resep Cara Menciptakan Camilan Elok Putu Mayang Original Yang Gampang Dan Sederhana

Resep Cara Menciptakan Camilan Elok Putu Mayang Original Yang Gampang Dan Sederhana

Resep Cara Menciptakan Camilan Elok Putu Mayang Original Yang Gampang Dan Sederhana

Resep dan Cara Membuat Kue Putu Sunbulat Betawi. Assalamualaikum... Ada yang kangen sama kuliner ringan elok tradisional khas nusantara Putu Mayang? yang kangen, cuungg yaa! Kita buat putu mayangnya bareng-bareng. Kita bikin yang sederhana saja semoga simpel buatnya, cetakan putu mayangnya harus kau siapkan dulu ya semoga simpel dikala kita mau eksekusi.. Resep kuliner ringan elok putu mayangnya sudah saya tuliskan di bab bawah..
Resep dan Cara Membuat Kue Putu Sunbulat Betawi Resep Cara Membuat Kue Putu Sunbulat Original Yang Mudah dan Sederhana
#homemadefood #putumayang #uploadkompakan #uk1112 #foodphotography #indonesianfood #traditionalfood #hlfunbake #homemadelovers #tradisional #kuetradisional #jajananindonesia #petulo #putumayang #homemade #jajananjadoel #kuejadoel #doyanbaking #fotomasak #cucinandoarte #otcucino #friends_moms #lovers_home #lory_alpha_food #inthekitch_en #pics_at_home #shareresep #bisabikin #berbagiresep #makananendes #ykmk2014 #yukbelajarmasak #lovecookbake #resepyummy #cakedankue #doyanbikin


Resep dan Cara Membuat Kue Putu Sunbulat Dengan Cetakan Yang Mudah dan Praktis

Rebake by Hanhanny

BAHAN PUTU MAYANG:
  • 200 gr tepung beras
  • 50 gr tepung sagu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 500 ml santan kekentalan sedang.
  • Pewarna kuliner atau polosan putih saja.
  • Daun pisang Untuk Alas
  • Cetakan Putu mayang

BAHAN KUAH KINCA :
  • 100 gr gulamerah
  • 70 gr gulapasir (manis sesuai selera)
  • 500 ml santan kekentalan sedang
  • 1 kuning telur(kocok rata) bagi yg tidak suka sanggup diskip
  • 1 sdm tepung beras larutkan dgn sdikit air.
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan.
  • (masak dan campurkan santan,gulamerah,gulapasir,daun pandan,masukan kuning telur dikala santan blom mendidih,masukan tepung beras sbgai pengental,aduk rata dan didihkan,matikan api)

CARA MEMBUAT :
  1. Campurkan tepung beras+tepung sagu aduk rata,taruh dlam wadah tahan panas,kukus kurleb 20 menit semenjak kukusan beruap dan mendidih.
  2. Didihkan Santan.
  3. Tuang Santan mendidih kedalam tepung beras+tepung sagu yg sudah dikukus,sedikit2,masukan gulapasir,garam aduk rata mnggunakan sendok kayu besar hingga adonan trcmpur rata.
  4. Bagi adonan mnjadi bberapa bab utk mndptkn warna,beri pewarna kuliner scukupnya sesuai selera(saya 2 warna aj putih dan merah eh pas dcmpur kok jd pink 😁)
  5. Tata daun pisang yg diolesi tipis minyak goreng masukan kdalam kukusan sbgai alasnya.
  6. Siapkan cetakan,masukan adonan kedalam cetakan,cetak diatas daun pisang yg jg diolesi tipis minyak goreng,lalukan hingga slesai.
  7. Masukan,tata dan kukus putu mayang dalam dandang kurleb 25-30 menit. (Diresep ini saya mndptkn 20 buah putu mayang ukuran sedang)
  8. Pindahkan Dalam Wadah,Bisa Disimpan dikulkas dan sanggup dihangatkan kmbli.
  9. Sajikan Putu Sunbulat Dengan Kuah Kinca.
Apa Itu Kue Putu Mayam?


Putu mayang ialah salah satu kuliner ringan elok tradisional yang dibentuk dari materi tepung kanji atau tepung beras yang ibarat mirip mi, dengan materi gabungan santan kelapa, dan cara menyajikanya disajikan dengan kuah kinca atau gula jawa yang sudah dicairkan.

Kue Putu Sunbulat ini merupakan bab dari masakan dan makanan, cemilan khas Betawi. Akan tetapi, asal mula kuliner ringan elok putumayang ini mungkin mempunyai keterkaitan dengan jenis kuliner ringan elok putu mayam dari India Selatan. Kedua kuliner ringan elok ini mempunyai bentuk dan tampilan yang sangat mirip, bahanya pun sama, adonan tepung kanji atau tepung beras yang dicetak ibarat gumpalan mi. Meskipun begitu, kuliner ringan elok putu mayang Indonesia punya sedikit perbedaan dibandingkan dengan putu mayam yang ada di India yang juga sanggup ditemukan di Sri Lanka, Malaysia, dan Singapura. Gumpalan adonan pada putu mayang Indonesia lebih menyatu dan tebal dengan ukuran gumpalan yang kecil, sementara putu mayam khas India mempunyai helai mirip mi yang lebih halus dan ukuran yang sedikit lebih lebar.

Putu mayam India
Memakan kuliner ringan elok ini sanggup dilakukan dengan menyiram gula merah dan santan, atau memberi embel-embel sedikit taburan kelapa pada gula putu mayang tersebut.


Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser