Tamu Kuwehbunda

Resep Cara Menciptakan Lemang Beras Ketan Lezat Dan Sederhana

Resep Cara Menciptakan Lemang Beras Ketan Lezat Dan Sederhana

Resep Cara Menciptakan Lemang Beras Ketan Lezat Dan Sederhana

Cara Membuat Kue Lemang Beras Ketan - Pengen buat panganan tradisional yang lezat dari materi dasar beras ketan? Coba deh bun dibentuk makanan ringan elok lemang aja, rasanya lezat dan yang niscaya cara membuatnya juga mudah. Beberapa hari yang kemudian si anak bungsu request pengen dibuatin lemang menyerupai ini, kebetulan banget didapur masih punya stok beras ketan dan al hasil bikin juga lemang ketan ala dapur rumahan. Tenang, resep lemangnya sudah aku sertakan disini kok. Bunda tinggal coba aja!
 Pengen buat panganan tradisional yang lezat dari materi dasar beras ketan Resep Cara Membuat Lemang Beras Ketan Enak dan Sederhana

Resep dan Cara Membuat Kue Lemang Ketan Yang Mudah, Enak dan Sederhana


Bahan-bahan Kue Lemang :
  • Beras ketan 1 liter
  • Santan 1 liter dari satu butir kelapa
  • Secukupnya garam
  • Bambu muda atau buluh dengan diameter 8 cm, basuh bersih
  • Daun pisang secukupnya.


Cara Membuat Kue Lemang Ketan Yang Enak :
  1. Cuci beras ketan hingga higienis dan campurkan dengan garam dan santan
  2. Kemudian lapisi bambu dengan daun pisang, biarkan daun pisang lebih di pucuk bambu
  3. Masukkan beras ketan yang telah anda campur santan dan garam hinga penuh
  4. Bakar lemang dengan posisi tegah tetapi agak miring
  5. Agar matangnya rata, putar-putar bambunya
  6. Kalau sudah masak, Keluarkan lemang dari bambu
  7. Lemang ketan siap dihidangkan


Apa Itu Kue Lemang? Dan bagaimana Cara Membuatnya?

Lemang adalah penganan tradisional yang dibentuk dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, sehabis sebelumnya beras ketan digulung terlebih dahulu dengan selembar daun pisang. Gulungan daun pisang yang berisi beras ketan didalamnya dicampur dengan santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu, kemudian bambu tersebut dibakar hingga isi didalamnya matang. 
 Pengen buat panganan tradisional yang lezat dari materi dasar beras ketan Resep Cara Membuat Lemang Beras Ketan Enak dan Sederhana

Lemang ini akan lebih nikmat jikalau disantap hangat-hangat. Cara mengonsumsi makanan ringan elok lemang ini berbeda-beda dari tempat ke daerah. Ada yang lebih suka jikalau menikmatinya dengan menambahkan rasa elok (seperti ditambahkan selai, kinca, serikaya) atau dengan cara asin (rendang, telur, dan lauk-pauk lainnya), atau ada juga yang lebih suka memakannya dengan buah-buahan menyerupai durian.

Bagi masyarakat Kalimantan, Lemang biasa dijadikan sebagai makanan tradisional perayaan oleh suku Dayak yang disajikan pada dikala program pesta-pesta susila mereka. Sedangkan bagi suku Melayu, lemang biasa disantap pada saatperayaan  hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Untuk masyarakat Ulun Lampung di sebelah pesisir menyebabkan makanan ringan elok lemang sebagai penganan sajian Idulfitri dan makanan ringan elok adat. Daerah lain menyerupai orang Minangkabau juga sangat menyukai lemang, bahkan kota menyerupai Tebing Tinggi dikenal dengan julukan "Kota Lemang". Lemang juga merupakan makanan orang orisinil Negrito yang ada di Kelantan. dan suku Semai.

Lemang juga merupakan penganan khas legendaris bagi masyarakat Samarinda yang diproduksi dan diperdagangkan oleh orang-orang Banjar di Jalan Pulau Sebatik, Samarinda. Yuk buat lemang untuk ikut melestarikan warisan masakan nusantara!


Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser