Tamu Kuwehbunda

Resep Brownies Kukus Ala Ny Liem

Resep Brownies Kukus Ala Ny Liem

Resep Brownies Kukus Ala Ny Liem

Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Ny Liem. Sudah usang banget saya nggak bikin brownie kukus andalan dari resep dari Ny. Liem. Siapa coba yang gak tau kelezatan camilan anggun buatan resep dari Ny. Liem. Pokoknya yang udah pernah nyoba bikin browkus ini bakalan ketagihan. Dan Alhamdulillah, gres kemarin saya juga nyoba bikin lagi browkus super yummy ini. Buat yang pengen nyoba resep Brownies Kukus Ny Liem dan pengen tau bagaimana proses menciptakan brownis kukus yang lezat, disini sudah saya tuliskan resep lengkapnya.
Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Ny Liem Resep Brownies Kukus ala Ny Liem

RESEP BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM 
------------------------------------------------

BAHAN: 
  • 125 gr tepung terigu 
  • 6 butir telur 
  • 1/2 sdt emulsifier 
  • 50 gr coklat bubuk 
  • 100 gr DCC cincang dan lelehkan 
  • 225 gr gula pasir 
  • 175 gr minyak sayur 
  • 75 gr susu kental anggun coklat (SKM) ---> optional 

CARA MEMBUAT BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM:
  1. Panaskan alat masak kukusan dan siapkan 2 buah loyang dengan ukuran 30x10 cm (loyang brownies panjang) atau loyang dengan uk 20x20 cm, oles permukaan loyang dengan margarin atau minyak, alasi dengan kertas roti dan oles kembali. Sisihkan. 
  2. Campur dan ayak tepung terigu bersama coklat abu supaya tidak ada gumpalan. Sisihkan.  
  3. Kocok telur, gula pasir dan juga emulsifier hingga semua materi mengembang dan kental. Masukkan adonan terigu dan coklat abu yang sudah diayak tadi, aduk hingga semua tercampur dengan rata atau dapat juga dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. 
  4. Campurkan minyak dan DCC leleh kemudian masukkan ke dalam adonan brownies. Aduk balik menggunakan spatula hingga semua tercampur rata. 
  5. Ambil sedikit adonan brownis, kurang lebih 75 gr kemudian campur dengan SKM. Aduk hingga rata. 
  6. Tuang separuh dari sisa adonan bronis tadi ke dalam loyang cetakan kue, kukus selama 10-15 menit, buka dandang kukusan dan tuang adonan yang sudah dicampur SKM diatasnya. Kukus lagi selama 5 menit kemudian tuang sisa adonan dan kukus lagi hingga matang. Lakukan tes tusuk untuk mengetahui apakah brownis yang kita masak sudah matang atau belum. 
  7. Angkat, balikkan dari loyang dan biarkan cuek gres diberi topping. 

TIPS MASAK / CATATAN RESEP: 
  1. Jika bunda menggunakan kukusan biasa, jangan lupa bungkus tutup dandang kukusan dengan serbet higienis supaya uap air nantinya tidak jatuh ke browkus. Tapi kalau bunda menggunakan klakat yang tutupnya berbentuk limas, tidak perlu dibungkus serbet juga tidak apa-apa. 
  2. Gunakan api sedang dikala mengukus brownis. Saya cenderung menggunakan api sedang cenderung kecil alasannya apabila api terlalu besar makan permukaan browkus akan bergelombang. Kalau menggunakan api besar cenderung kecil memang matangnya akan lebih usang ya, tapi permukaan browkusnya dapat rata. 
  3. SKM dapat diskip ya alasannya fungsinya untuk menciptakan lapisan tipis coklat. Lapisan dapat juga diganti menggunakan keju slice, itu enaaak deh. Kali ini saya menggunakan topping ganache ekonomis. Kenapa disebut hemat alasannya ganache ini tidak menggunakan whipcream hehehe. Bisa diprotes chef Prancis nih yaa...karena pakemnya ganache kan memang pakai whipcream >_<  Walau versi ekonomis, tapi enak juga kok, tidak mengecewakan laaah. Bahannya hanya susu cair, DCC dan madu atau unsalted butter. Saya biasanya menggunkan perbandingan susu cair dan DCC  1:2. 
CHOCOLATE GLAZE / GANACHE EKONOMIS

Bahan : 
  • 100 ml susu cair 
  • 200 gr DCC cincang 
  • 2 sdm madu / unsalted butter 

Cara Membuat : 
  1. Panaskan susu, tidak perlu hingga mendidih, cukup hingga timbul gelembung-gelembung di tepi panci. Matikan api. 
  2. Masukkan DCC cincang, aduk hingga DCC leleh dan teksturnya lembut. Masukkan madu atau unsated butter. Aduk hingga rata. 3. Siap digunakan. 

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser