Tamu Kuwehbunda

Resep Carang Gesing - Nostalgia Panganan Jadul Khas Solo Dan Jogja

Resep Carang Gesing - Nostalgia Panganan Jadul Khas Solo Dan Jogja

Resep Carang Gesing - Nostalgia Panganan Jadul Khas Solo Dan Jogja

Resep dan Cara Membuat Carang Gesing Enak. Sarapan plus bikin cemilan pertama di bulan februari, inget kalau ada pisang yg mulai kematengan jadi dibikin yg cepet tapi enak pastinya. Bahannya cuma santan gula dan telur, kenal pertama dengan makanan ini dulu sering dikasih sama tetangga waktu masih dijogja.

Kebetulan gres dateng santan leko, santan yg gurih dan harum pas buat cemilan camilan bagus ataupun masakan. Pakenya jg gak ribet tinggal gunting tuang siap pakai.
Resep dan Cara Membuat Carang Gesing Enak Resep Carang Gesing - Nostalgia Panganan Jadul Khas Solo dan Jogja

RESEP DAN CARA MEMBUAT CARANG GESING SPESIAL
--------------------------------------------------------------------------------------

Bahan Bahan Carang Gesing:
  • 5 - 6 buah pisang kepok/raja
  • 70 gr gula pasir
  • 100-150 ml air
  • 1 bks santan leko 
  • 1 butir telur,kocok lepas
  • Kismis secukupnya
  • Vanilli secukupnya
  • Sejumput garam
  • Daun pandan

Cara Buat Carang Gesing:
  1. Potong2 pisang,sisihkan
  2. Dalam mangkuk tuang santan, telur, gula palem dan gula pasir,kocok sebentar.
  3. Tambahkan vanilli dan pisang aduk rata.
  4. Tuang adonan kedalam wadah atau ramekin, lalu tabur kismis diatasnya.
  5. Kukus Carang Gesing kurang lebih selama 20 menit, 
  6. Angkat dan sajikan hangat atau dingin.


Apa Itu Makanan Tradisional Sarang Gesing, dan Berasal Dari Daerah Mana?

Carang Gesing yaitu jenis makanan tradisional khas Solo, Jawa Tengah. Kue tradisional ini dibentuk dari materi dasar pisang yang dikukus dalam daun pisang(jawa: dipincuk). Jika kita lihat sekilas dari bentuknya, panganan tradisional ini menyerupai mirip camilan bagus nagasari, akan tetapi sebetulnya bukan nagasari.

Sebenarnya Kue Carang Gesing selain di Solo, didaerah lain juga ada, contohnya carang gesing khas jogja dan tempat lain. Resep aslinya carang gesing terbuat dari adonan pisang pilihan yaitu pisang raja dengan beberapa materi pendukung yang dibungkus menjadi satu. tekstur rasa bagus dan juga gurih dari Carang Gesing ini menciptakan setiap orang ketagihan untuk terus menikmatinya. Hal ini didukung dengan kombinasi materi ada roti tawar, pisang raja, kelapa muda dan bahan-bahan lainnya yang turut memperlihatkan cita rasa menjadi enak tak tertahankan. Orang orisinil Solo niscaya sudah sering membuatnya dan pernah merasakannya. Tapi, bagi bunda yang berada di luar kota solo, bagaimana cara mencobanya?

Mungkin di tempat bunda tinggal ada juga olahan Carang Gesing semacam ini, namun dengan nama yang berbeda. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Terdapat resep carang gesing khas Solo yang gampang didapatkan di terapkan langkah-langkahnya. Hanya dengan membuatnya di rumah, seluruh keluarga sanggup mencicipi olahan enak khas kota di Jawa Tengah itu. Apalagi makanan yang berbahan dasar pisang ini juga sangat mengenyangkan. Oleh lantaran itu, yuk dicoba resep Carang Gesing diatas. Happy Cooking bunda!

Sumber https://www.resepkuekomplit.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser